Rabu, 15 Januari 2014

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan, dari perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya.

Dulu kewirausahaan dianggap hanya dapat dilakukan melalui pengalaman langsung dilapangan dan merupakan bakat yang dibawa sejak lahir, yang demikian kewirausahaan tidak dapat diajari dan diajarkan. Sekarang, kewirausahaan tidak hanya bakat bawaan sejak lahir atau urusan pengalaman lapangan, tetapi sesuatu ilmu yang dapat diajarkan dan dipelajari. Seseorang yang memiliki bakat kewirausahaan dapat mengembangkan bakatnya melalui pendidikan.

Pendidikan kewirausahaan harus diajarkan sebagai suatu disiplin ilmu tersendiri yang independen, alasannya adalah :

  1. kewirausahaan berisi bidang pengetahuan yang utuh dan nyata, yang mana terdapat teori, konsep dan metode ilmiah yang lengkap
  2. kewirausahaan memiliki dua konsep, yaitu posisi permulaan dan didikan manajemen umum yang memisahkan antara manajemen dan kepemilikan usaha.
  3. kewirausahaan merupakan suatu kemampuan menciptakan suatu yang baru dan berbeda
  4. kewirausahaan merupakan alat untuk menciptakan pemerataan usaha dan pendapatan.
kewirausahaan tidak hanya dapat digunakan sebagai kiat bisnis jangka pendek, tetapi juga sebagai alat kehidupan secara umum dalam jangka panjang.
Wirausaha menciptakan nilai tambah atas barang dan jasa yang diciptakan melalui proses kreatif dan inovasi. banyak contoh perusahaan yang telah berkembang dikarenakan menciptakan suatu barang yang kreatif dan inovasi, contohnya Microsoft, Sony, Toyota dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar